Buku ini pada bagian satu dikemukakan tentang perspektif metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi. Selain itu, dikemukakan pula tentang konsep dasar dan penggunaan metode kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi. Setiap metode diberikan contoh-contoh penelitian sehingga diharapkan dapat memandu peneliti yang akan melakukan penelitian baik dengan metode kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi.
Buku ini akan menggugah mahasiswa dan praktisi pendidikan untuk memahami lebih jauh tentang sebuah penelitian pendidikan, alasan melakukan penelitian pendidikan dan cara melakukan penelitian pendidikan. Mahasiswa dan praktisi pendidikan harus terlibat dalam upaya pemecahan masalah pendidikan sebagai bentuk tanggung jawab akademis dan tanggung jawab profesional.
Buku ini menekankan pada tata cara penggunaan alat dan teknik di bidang penelitian yang berorientasi pada paradigma alamiah. Isinya terdiri dari sembilan bab, masing-masing membahas fondasi penelitian kulaitatif, paradigma penelitian kualitatif, penyusunan teori, dan persoalan generalisasi, kausalitas, emik-etik, rumusan masalah dalam penelitian kualitatif, tahap-tahap penelitian; kriteria dan teknik pemeriksaan keabsahan data; analisis dan teknik penafsiran data; penulisan laporan hasil penelitian; dan kerangka rancangan penelitian. Tujuan penusunan buku ini diharapkan dapat memenuhi beberapa kebutuhan pihak-pihak tertentu.
Buku ini berisi penjelasan-penjelasan tentang ilmu dan penelitian, metode ilmiah, beberapa metode penelitian, studi kepustakaan, desain penelitian, teknik merumuskan masalah, mengukur variabel, merumuskan hipotesis, dan menguji hipotesis. Seterusnya buku ini juga menjelaskan teknik mengumpulkan data, desain percobaan, teknik sampling, pembuatan skala, analisis, interpretasi, dan perumusan kesimpulan, analisis statistik, dan teknik membuat laporan ilmiah.
Adapun tujuan buku ini adalah agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan.
Buku ini dikembangkan dari buku yang saya tulis sebelumnya, yaitu metode penelitian administrasi (kuantitatif) dan buku Memahami Penelitian Kualitatif. Dengan hadirnya buku ini diharapkan pembaca dapat dengan mudah untuk memahami ketiga metode tersebut, sehingga dapat memilih metode penelitian mana yang paling cocok digunakan untuk penelitian.
Buku metodologi penelitian ini dicoba ditulis dengan sepadat mungkin, yaitu dengan memberikan materi sebanyak mungkin tetapi seringkas mungkin. Dengan demikian buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai buku pedoman untuk metodologi penelitian, bagi para peneliti riset bisnis.
Penyusun buku ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam perancangan riset yang didasari oleh fundamental filsafat ilmu yang masih sangat diakui kebenarannya sampai sekarang. Dengan kesederhanaan dan kerendahan hati penyusun berusaha merangkum dan memberikan gambaran bahan kuliah dengan harapan agar mahasiswa dan berbagai pihak yang berminat atas ilmu ini lebih dapat mendalaminya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar